Wednesday, February 18, 2009

Benda/Meteor/Satelit Jatuh Di Texas


Houston – Bola api yang terlihat di langit Texas akhir pekan lalu masih misterius. Militer mengatakan bola api itu tidak ada hubungannya dengan tabrakan setelit atau satelit yang jatuh.

“Kami memperkirakan hal itu fenomena alam biasa, sebuah meteor atau asteroid,” kata Mayor Regina Winchester, Jubir Komando Strategis AS di Nebraska.

Bola api pada Minggu (15/2) menyebabkan kegaduhan dan kekaguman di penjuru Texas. Lusinan orang melapor ke polisi mendengar suara ledakan dan bola api berwarna terang.

Di wilayah Williamson County, banyak yang melaporkan cahaya api mirip pesawat terbakar. Kantor sheriff memberangkatkan helikopter dan mobil patroli untuk mencari reruntuhan.

“Tidak ada yang mengatakan jatuh ke bumi. Tapi tampak menuju ke bumi,” kata jubir polisi detektif John Foster.

Badan penerbangan AS, FAA mengatakan benda itu bukan pesawat terbang.

Byron D Tapley, Direktur Center for Space Research di University of Texas Austin, mengatakan benda itu tampak bukan dari tabrakan satelit Rusia dan satelit komunikasi AS di atas Siberia awal pekan lalu. Tapley mengatakan sabuk kepingan berada 500 mil di atas bumi, sehingga terlalu tinggi untuk jatuh ke bumi.

ia menilai benda itu lebih mirip sebagai meteor besar yang terbakar dan masuk ke bumi.

Tapi benda itu berbeda dengan bintang jatuh biasa. Meteor berukuran kecil tidak akan terlihat saat siang hari, dan benda itu tidak memiliki ekor yang panjang.

Seorang pengamat bintang di University of North Texas Ron Dilulio mengatakan obyek itu berukuran sebesar mobil pick up. Saksi lain mengatakan bola api itu seterang matahari.

Sementara yang lain bersumpah melihat pesawat terbakar. Bola api setidaknya dua kali membara di kejauhan selama lima hingga tujuh detik tampak dari video yang diposting di internet.

source : kaskus.us


0 komentar:

Post a Comment